This is a story of classical motivation by Sepri Ayu Flow.With tears, from both my eyes and my heart, while remembering that story, i want to dedicated for all of you! Hands that touch me. Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.netBlinkie Graphics Generator at TextSpace.net @AyuFloww's Update: cengkeh_kesehatan

Sabtu, 13 Agustus 2011

cengkeh_kesehatan

Cengkeh, Penghantam Stroke dan Sakit Jantung

Cengkeh,tumbuhan yang katanya berasal dari Maluku ini ternyata banyak manfaatnya. Secara tradisional, cengkeh(syzygium aromaticum) digunakan masyarakat untuk menghangatkan badan,mewangikan mulut dan menghilangkan rasa kantuk. Rasanya yang sedikit pedas dan dingin,membuat enak digigit sedikit demi sedikit dikala hujan.

Rasa dan aroma cengkeh dikenal sangat tajam,bermanfaat melancarkan sirkulasi darah. Selain itu,juga mampu mengusir meriang,penyakit-penyakit gangguan peredaran darah,seperti sakit kepala,stroke bahkan jantungpun dapt teratasi. Cengkeh memilki kemampuan antikoagulan(pencegah penggumpalan darah). Daya kerjanya sama hebat dengan aspirin. Salah seorang ilmuwan dari University of Wisconsin Amerika Utara juga mengungkapkan,cengkeh mengandung suatu senyawa antibeku darah. Zat ini dapat melonggarkan pembuluh darah jantung yang tersumbat. Dalijit Arora ,seorang ahli mikrobiologi dari India membuktikan,cengkeh dapat membunuh hampir semua bakteri penyebab penyakit yang ditelitinya, termasuk bakteri-bakteri “bandel” yang sudah kebal dengan racun obat-obat antibiotika.

Berdasarkan penelitian ini dapat dimengerti ,mengapa para herbalist menempatkan cengkeh sebagai tumbuhan pengobat radang. Sebab radang bisa dipicu oleh infeksi bakteri. Cengkeh juga dikenal dapat mengobati batuk dan rasa tak nyaman diperut. Lebih dari itu,ia juga bisa digunakan sebagai obat bius. Kandungan kimiawinya memungkinkan cengkeh menjadi obat anestesi local. Dalam dunia farmasi, serbuk daun cengkeh sering digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit. Selain itu juga bisa menghilangkan nyeri dan ngilu akibat sakit gigi.

Penyakit lain yang bisa disembuhkan oleh cengkeh ,antaranya,sakit perut ,mual muntah,masuk angin dan perut kembung,radang lambung(gastritis),cegukan(hiccups),asam urat tinggi,sinusitis,rematik,campak,batuk,suara serak,TBC,dan meningkatkan nafsu makan,gigi rusak juga dapat diobati dengan cengkeh. Minyak cengkeh juga dapat memperkuat lendir usus dan lambung serta menambah jumlah darah putih. Minyak cengkeh dikenal sebagai antibiotic,anti-virus,anti-jamur,dan memiliki khasiat sebagai antiseptic. Selain itu ditemukan pula sekitar 60-90% eugenol dalam minyak cengkeh. Kandungan lain yang terdapat didalamnya adalah zat mangan,asam lemak,omega 3,magnesium,serat,zat besi,potassium,dan juga kalsium. Vitamin yang diperlukan oleh tubuh juga ada terutama vitamin C dan vitamin K.

Walau memiliki banyak khasiat,sayangnya banyak para petani yang belum tau banyak manfaat yang terkandung dalam cengkeh. Para petani cengkeh selama ini hanya memperuntukkan cengkehnya untuk keperluan campuran rokok kretek.


*dar berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

τнäиκ чöü for чoυя ςomment īη thīs site αnϑ ϑont forgεt to shαre.
\(ˆ▽ˆ)/

How good life is when you do something good and greatful!