This is a story of classical motivation by Sepri Ayu Flow.With tears, from both my eyes and my heart, while remembering that story, i want to dedicated for all of you! Hands that touch me. Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.netBlinkie Graphics Generator at TextSpace.net @AyuFloww's Update: Nyeri Perut Sebelah Kiri

Jumat, 29 Maret 2013

Nyeri Perut Sebelah Kiri

Sudah hampir enam hari lebih perut sebelah kiri saya sering nyeri, hal ini membuat kondisi saya tidak stabil dan sering merasa lelah dalam beraktifitas. Pada hari minggu (24/3) malamnya badan terasa panas dan banyak mengeluarkan keringat. Untunglah, setelah meminum obat, pagi harinya mulai mendingan dengan suhu badan yang normal. Tapi, masalah lain timbul dengan nyeri yang terasa di perut sebelah kiri dan kadang bagian perut sebelah kanan. Saya hanya takut ini termasuk gejala penyakit yang mendengarnya saja membuat saya takut.
----
Dibawah ini ada beberapa info yang berkaitan setelah saya search engine di google.

1.
Nyeri perut sebelah kiri bawah sering disebabkan oleh diverticulitis, irritable bowel syndrome (IBS), batu ginjal kiri, infeksi saluran kemih sebelah kiri, penyakit Crohn, colitis ulseratif, penyakit pada ovarium kiri, dan infeksi pada toba fallopi sebelah kiri.
Seperti halnya bagian tubuh lain, supaya kita lebih paham mengenai nyeri perut sebelah kiri, ada baiknya kita mengenal dulu organ dan bagian tubuh apa saja yang ada di bagian kiri perut itu, antara lain:
  • Ujung bagian bawah ginjal kiri
  • Ureter (saluran antara ginjal sampai kandung kemih) kiri
  • Bagian dari usus besar desendens
  • Kolon sigmoid
  • Bagian dari kandung kemih
  • Ovarium kiri pada wanita
  • Pembuluh darah besar (bagian dari aorta dan cabang-cabangnya) dan saraf-saraf pada bagian perut kiri bawah
  • Otot-otot dan kulit yang menutupi dinding perut kiri bawah
Dengan demikian, apapun penyakit yang mengenai organ atau bagian-bagian tubuh di perut sebelah kiri ini, dapat menyebabkan rasa nyeri di perut kiri.
Nyeri itu ada dua macam dalam istilah kedokteran. Pertama nyeri visceral, yakni rangsang nyeri murni yang berasal dari organ perut yang dipersarafi oleh saraf otonom, yaitu saraf yang tidak di bawah kendali sadar, sehingga kita merasakan nyeri tapi tidak mampu menunjukkan secara tepat, titik nyeri itu berasal secara pasti.
Sedangkan yang kedua adalah Nyeri Somatik, yakni nyeri yang berasal dari dinding perut, yang disarafi oleh saraf somatik, bisa dirasakan dan diketahui dengan tepat lokasi nyeri tersebut. 
Baiklah, saya akan paparkan secara ringkas penyebab nyeri perut sebelah kiri yang sering, terutama pada wanita.
  • Kehamilan ektopik. Selama hamil kebanyakan wanita mengalami nyeri ringan di perut bagian bawah karena adanya pembesaran rahim. Kalau nyerinya terus-menerus dan terasa berat, perlu segera konsulasi dengan dokter, karena kebanyakannya itu disebabkan oleh kehamilan ektopik, artinya kehamilan diluar rahim.
  • Divertikulitis. Penyakit ini terjadi pada usus besar dan akan menyebabkan rasa nyeri pada perut kiri bawah. Penyakit ini banyak dijumpai pada orang-orang berusia diatas 60 tahun.
  • Hernia. Hernia bisa terjadi rasa nyeri karena usus terjepit. Sering gejala awal dari hernia berupa rasa nyeri yang dipacu oleh gerakan atau aktifitas tubuh yang menyebabkan tekanan di dalam perut meningkat, tetapi belum terlihat di permukaan dinding perut.
  • Infeksi saluran kemih. Infeksi ini lebih sering terjadi pada wanita disbanding pria. Kebanyakan disebabkan oleh bakteri.
  • Batu ginjal. Bila mengenai ginjal bagian kiri, dan apabila batu ukuran kecil yang lolos ke dalam ureter, maka akan menimbulkan rasa nyeri di perut sebelah kiri. Biasanya ini lebih banyak pada pria, sering disebabkan karena banyak makan makanan asam, air minum yang berkapur, duduk terlalu lama, dan kurang minum air putih.
  • Endometriosis. Ini penyakit kandungan. Biasanya rasa nyeri bertambah hebat bersamaan dengan datangnya haid.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

τнäиκ чöü for чoυя ςomment īη thīs site αnϑ ϑont forgεt to shαre.
\(ˆ▽ˆ)/

How good life is when you do something good and greatful!